Work Study



Waaahhh…
Rasanya bener-bener udah lama ga berbagi cerita dan menulis di blog kesayangan.
Sibuk kaliiii aku iniiiii… Sibuk cari jodoh… Hahahaha…๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

Salah satu upaya agar bisa cepet dapet jodoh adalah dengan segera menyelesaikan studi S2 gw. Pasti mikir dan bertanya-tanya apa kaitannya??
Alasannya karena satu hari menunda menyelesaikan kuliah = 1 hari menunda pernikahan (Ga usah pada bapeerrr ๐Ÿ˜œ)
Klo iklan di TV bintang iklannya galau "nikah atau S2?", gw ga perlu galau, dan dengan mantap memilih S2 (karena klo pun pilih nikah, calonnya pun belum ada... hiks... ๐Ÿ˜ข๐Ÿ˜ข)
 

Flashback sedikit yaaa…
Tahun 2014 yang lalu gw mendapatkan tawaran untuk melanjutkan studi gw di Sekolah Pascasarjana IPB, dengan jurusan yang masih in line dengan jurusan waktu di S1, yaitu Ilmu Ekonomi. Namun, di S2 ini studinya sudah terkonsentrasi, dan gw memilih untuk mengambil konsentrasi Ekonomi Moneter. Kenapa gw pilih konsentrasi ekonomi moneter, karena selain memang disarankan dari kantor tempat gw bekerja (FYI: gw lanjut S2 dengan beasiswa dari kantor gw), ahli ekonomi moneter di Indonesia masih bisa dikatakan langka. So, itu sebabnya bayaran untuk ahli ekonomi moneter bisa dikatakan tinggi (Maafkan, untuk alasan yang tidak akademis ini. Alasan gw mungkin tidak akademis, tapi gw yakin pasti logis… hahahaha). Seperti hukum ekonomi, barang langka, nilainya tinggi.

Gw kerja sambil kuliah… Eh, gw kuliah sambil kerja. Haduh… Intinya, kegiatan mana yang jadi sambilan itu tergantung kondisi atau lebih tepatnya mood gw. Klo gw lagi ga mood sama kerjaan, pelarian gw ke kuliah, sebaliknya klo gw lagi ga mood kuliah, gw jadikan kerjaan sebagai pelarian. Tapi sayangnya, kenyataannya ga seperti ituu…. Hiks… Hiks… Bagaimanapun keduanya tetep harus fokus, karena gw butuh keduanya… Gw butuh menyelesaikan kuliah dengan baik supaya bisa cepet dapet ijazah dan ijabsyah (gayanya kek yang udah punya calon ajaaa… ), selain itu gw tetep harus professional dalam bekerja, karena gw butuh penghasilan untuk bertahan hidup… Dunia ini sungguh kejaaammm… Hiks…๐Ÿ˜“

Honestly, gw sempet ngerasa boring banget, karena gw bekerja dan kuliah di bidang yang exactly samaaaa… Pressure yang gw rasa pun jadi semakin tinggi. Sempet stress mikirin kerjaan dan kuliah. Apalagi di saat besok ada ujian, sementara di sisi lain ada deadline tugas kantor yang juga harus segera diselesaikan. Dilemanya tuh luar biasa ๐Ÿ˜ต

Pada akhirnya, gw lebih sering mengorbankan ujian. Tapi, ujian gw pun ga bisa dibilang ancur sih (sombong dikit... :P). Karena biasanya gw selalu berusaha untuk fokus saat kelas sedang berlangsung (walaupun sambil nguap, gara-gara ngantuk efek begadang ngejar deadline) supaya gw bisa bener-bener paham materinya, dan dampaknya adalah saat mau ujian ga terlalu banyak materi yang perlu diulang dan dipelajari secara detail. Jadi klo mau ujian, biasanya gw memang diberikan kompensasi oleh kantor dengan dibolehkan untuk pulang lebih cepat dari jam kantor biasanya. Tapi gw manfaatin waktu tersebut untuk belajar sekilas dan yang terpenting adalah istirahat dan menyegarkan pikiran, pastinya tidur yang cukup sih. Karena menurut gw, kondisi badan yang sehat sangat menentukan saat ujian๐Ÿ’ƒ๐Ÿ’ƒ


Selain itu, biasanya gw juga memperhatikan penampilan gw saat akan ujian. Hahahhaaaa… Why?? Karena secara psikologi ini bisa membuat kita lebih nyaman sama diri kita dan membuat kita lebih percaya diri. Tsaaahhh… Daannn… sekali lagi menurut gw, percaya diri juga merupakan salah satu point penting saat kita akan ujian.

Hal yang lebih penting lagi adalah jangan lupa otaknya dibawa ke kampus! Jangan sampai tuh otak ketinggalan di rumah atau di kosan. Nanti gimana caranya lu ujian dan menjawab pertanyaan yang penuh teka teki itu, klo sampai otak lu ga dibawa? :P

Itulah beberapa tips dari gw. Tips yang mungkin sedikit ga make sense… Oleh sebab itu, gw ga minta lu untuk melakukannya juga kok. Intinya ya lu harus bisa membagi waktu antara kerja dan kuliah. Yaahh… Beginilah suka duka gw kuliah sambil kerja… mmmh… kerja sambil kuliah… or whatever it is
SEMANGAATTT!!! ๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช

Comments

Popular posts from this blog

Pura Parahyangan Agung Jagatkartta

Faktor-Faktor yang Menyebabkan Terjadinya Krisis Perbankan di Amerika Serikat