Anugrah yang Dikirimkan Tuhan Melalui Skripsiku...

SKRIPSI atau bisa juga dibilang tugas akhir...
Banyak banget pelajaran yang bisa gw ambil dari proses pembuatan skripsi kemaren. Tapi... sorry yaaa klo gw baru cerita.. hahahhahaa... maklum lah sibuk.... *ARTIS........ hwkkwkkkwkwkwkkk... :D

Buat skripsi itu susah-susah gampang (banyakan susahnya daripada gampangnya... hahaahaaa...). Klo dulu gw sering galau karena cowo, selama proses pembuatan skripsi kemaren, gw sering galau karena skripsi... Ga ada lagi tuh istilah galau karena cowo..... BASI bangeeeetttt!! Norak abizzzzz.... Secaraaaa... yang ada di otak gw saat itu adalah membuat sebuah masterpiece lewat skripsi gw  (*ceilehh....) dan berusaha keras untuk SEGERA menyelesaikannya, tentunya bukan asal-asalan juga.

Banyak tahapan yang gw harus lalui selama pembuatan skripsi. And... Do you believe it or not??? Setiap tahapannya itu pasti diawali dengan sebuah “KEGALAUAN”  yang luar biasa, mulai dari ngelamun tanpa ada yang dipikirin, mencoba berpikir tingkat tinggi tapi kadang otak ga nyampe, pengen mencoba untuk santai mengerjakannya tapi dikejar deadline, sampai akhirnya nangis2 darah dan pengen nyerah.... HWAAAA....AAAAA.........

And.. you know what???  Selama proses pembuatan skripsi kemaren, gw tuh hampir tiap bulan sakit dan harus ke rumah sakit. Hmm... Dan yang paling parah, gw sempet kena penyakit hepatitis dan otomatis harus berteman dengan jarum-jarum jahanam itu di rumah sakit... huhu... (bukan dirawat, tapi harus cek darah terus... *hwaaa...aaa... di tes golongan darah aja gw pingsan...).

Waktu itu, kata dokter, gw di saranin untuk cuti kuliah, karena penyakit ini membutuhkan waktu sekitar kurang lebih 3 bulan untuk waktu pemulihannya, dikarenakan bilirubin di dalam darah gw jumlahnya sangat tinggi. Jumlah bilirubin yang normal itu, paling tinggi 1 mg per liter darah, sementara saat itu, jumlah bilirubin gw sekitar 2,83 mg per liter darah. Kata susternya, untuk menurunkan jumlah bilirubin itu, gw harus bedrest selama 1 bulan, untuk menurunkan 1mg. Oleh karena itu, kalo bisa gw harus cuti kuliah. *jlebbbb... Dalam hati gw... "WHAT??!! Cuti??!!" Itu ga mungkin gw lakuin... Tinggal dikit lagi kuliah gw, dan gw harus cuti??? "NO WAY!!" Dan hebatnya gw, gw ga mau dirawat... *sotoy kaaann?? Lalu... Berkat keinginan yang tinggi untuk sembuh di dalam diri gw dan juga keinginan untuk segera menyelesaikan kuliah gw, gw bisa baikan hanya dalam waktu 2 MINGGU saja, saudara-saudara... Wah... Hebat banget kaann.... Ini semua berkat kuasa Allah, keinginan yang kuat, serta "Suster Vietnam", my mother... hahhaaaa...

Bukan hanya itu... Sekitar 1 minggu menuju sidang, gw sakit lagi. Maag gw kambuh... Makanan ga bisa masuk ke perut gw... Maag gw kambuh biasanya klo gw telat makan. Tapi, sebelumnya gw ga ngerasa pernah telat makan. Lalu... Sekali lagi gw harus ke Rumah Sakit... Dan bener aja itu karena maag gw yang semakin parah. Tapi, penyebab utamanya, bukan karena telat makan, namun, karena STRESS!!! (kata dokternya sih gitu... padahal gw ga ngerasa stress saat itu... bener deeh... *ressss..). Hal yang lebih mengejutkan lagi, saat gw sama mamah nebus resep, ada beberapa obat yang harus gw tebus, dan salah satunya adalah Obat Penenang.... Oh, My God... Segitu depresinya kah gw saat itu??? Hmm.. Obat itu cuma gw minum dua hari, setelah itu, gw putuskan untuk tidak mengonsumsinya lagi, karena yang gw tau, efek obat penenang itu ga bagus buat otak kita... Nanti gw malah berhalusinasi lagi... hmm...

And...... Setelah semua itu selesai rasanyaaaaa.... LUAR BIASA!!!!!

Bahkan klo ada kata yang lebih dari “LUAR BIASA”, mungkin itu kata yang pantas untuk menggambarkannya.... weleh...welehhh... :)

Tapi... di balik itu semua, gw sangat.... sangat... bersyukur untuk semua orang disekitar gw, yg baik hatinya, yang udah bantuin gw dalam pembuatan skripsi ini. Untuk semua bantuannya... semangatnya... supportnya.... doanya.... dan masih buanyak lagi. Sehingga, pada akhirnya gw bisa menyelesikan skripsi gw yang berjudul “Dampak Foreign Direct Investment dan Perdagangan Internasional terhadap Pertumbuhan Ekobnomi Nasional: Studi Komparatif di Negara Maju dan Negara Berkembang” dan lulus dengan nilai skripsi “A”... prokkk..prokkk....prookkkk....
Gw sangat bersyukur atas itu. So, special thanks to:

Allah SWT yang selalu merangkulku dan selalu menunjukkan jalan-Nya kepadaku. Terima kasih untuk berkah yang selalu Kau berikan setiap detiknya untuk hambaMu ini. Alhamdulillaahirobbil ‘aalamiin...

Pembimbing skripsiku, Bapak Noer Azam Achsani... Terima kasih untuk ilmunya, Pak. Bukan hanya ilmu tentang ekonomi, tapi juga tentang “seni”... seni menjalani kehidupan... ilmu yang sangat berharga, yang tidak akan pernah bisa kami temukan di buku manapun. Terima kasih, karena sesibuk apapun, Bapak selalu meluangkan waktu untuk kami, untuk membimbing kami, mengajarkan kami, dan membuat kami merasa mempunyai orang tua baru. Bapak pernah bilang, klo “a great teacher” adalah guru yang bisa mengispirasi murid-muridnya. And... You are a great teacher...
Vevi, Bapak Noer Azam, Me, Dewa, Retno


Para dosen penguji Ibu Yetty Lies dan Ibu Wiwiek R. Terimakasih untuk semua kritik dan sarannya yang membangun, sehingga skripsi saya bisa lebih baik lagi.

Kedua orangtuaku, Bapak dan Mamah... Malaikat dan bidadariku... Semua yang kulakukan selama ini hanya untuk membuat kalian bangga kepadaku. Maaf, karena anakmu yang manja ini masih jauh dari kata sempurna, tapi kalian selalu menyempurnakan hidupku. Terima kasih untuk doa yang tiada pernah putus,  juga cinta dan kasih sayang yang terus mengalir kepadaku tiada henti. I love you, mom... dad... I will always love you...
My Parents
Adikku, Shary Febriani... Walaupun kita sering berantem, tapi gw tau kok lu perhatian sama gw, lu sayang sama gw, dan gw juga sayang banget sama lu. Ok... itu ga perlu diucapin, cukup kita yang ngerasain. Kita berjuang ya, dhe... buat banggain dan bahagiain mamah sama bapak... Ok?? Ok?? Gw sangat yakin, kita pasti bisa. :)
My Sister
Kak Indra, Kak Ade, Kak Heni.... Terima kasih banyak untuk bantuannya, untuk keikhlasannya, dan untuk kesediaannya membantu kami. Terima kasih untuk semua informasi dan ilmu yang telah diberikan. Maaf, jika kami selalu merepotkan kalian.

Vevi Retno Maretha.... Dewa Putu Adityadharma... Retno Wulandari... Terima kasih untuk kebersamaannya selama ini. Gw seneng satu bimbingan sama kalian. Klo ada pemilihan grup bimbingan yang paling kompak, gw yakin banget, kita pasti pemenangnya... Haha...
Retno, Vevi, Dewa, and Me
Vevi... 
Si neng sumedang anu geulis... Yang ketinggalan mulu klo bikin skripsi.. hahaha... Thank you yaaa udah mau sharing dan galau bareng gw... hahahaa... Maaf selalu ngerepotin dan banyak tanya, hehehe.... Oya... tragedi saat sidang, jangan terlalu diambil pusing laaah... Lu jauh lebih tau tentang diri lu. So, tunjukkin klo lu itu memang hebat, girl... :)
Dewa... 
Cowo paling ganteng di grup kita... Ahahahaa... Thank you ya, Waa... untuk bantuannya dan untuk kerjasamanya waktu seminar... sssttttt... hahahhaaa... dan terima kasih untuk kerjasamanya waktu sidang untuk menyiapakan ini.. itu... hahahaa... Dan biasakan bangun pagi ya, Waaa..... heuheu...
Dan Retno.... 
Wanita Jawa yang ayu tenan, dan halus banget hatinya (gampang tersentuh... hehheee.. *padahal, gw juga gampang banget nangis dan luluh... hahhaaa..) Thank You ya, No untuk bantuannya, thank you selalu mau angkat telepon gw di pagi hari... hahahhaa...
Pokoknya, semuanya makasih... Makasih untuk kesabaran kalian menghadapi gw yang kadang banyak tanya dan ngerepotin kalian terus. Terima kasih, karena kita selalu bersama di saat senang dan susah. Terima kasih untuk ilmu, support, dan semangatnya. Sukses untuk kita semua... Sayang kalian semua dari ujung rambut sampai ujung kaki... hahahaa...

Kakak-kakak yag baik hatinya, Kak retni... Kak solihin... Kak riska... Terima kasih untuk bantuannya selama ini.
Kak Retni and Kak Solihin
Kak Retni... Trima kasih udah mau memberikan ilmunya padaku... Maaf yaa, klo lagi diajarin aku suka lama loadingnya. Dan maaf juga, klo aku yang paling banyak tanya dibanding temen-temen yang lain, hahahaaa...
Kak Solihin...
Hmm... Bingung mau ngomong apa... Buanyaaaakkkk banget yang udah kakak kasih selama ini. Terima kasih untuk paket lengkapnya ya, kak. Hehe... Terima kasih udah mau berbagi pengalamannya sama adikmu ini. Seneng banget bisa bertemu sama kakak, yah... Walaupun kadang klo lagi jail, ampuuunn deh... Haha... Maaf... sering ganggu dan merepotkanmu. Heheeeheee...
Kak Riska... 
Tanggal lahir kita ternyata sama yaa, kak... Suatu kebetulan yang mengejutkan... hehehehee... Trimakasih ya, kak sudah mau sharing sama aku. Skripsi kakak tuh memberikan pencerahan banget, soalnya ngambil topik pertumbuhan ekonomi juga. Hehehe...
Pokoknya terima kasih untuk ketiga kakak yang kusebutkan namanya diatas. Kehadiran kalian membuat aku merasa benar-benar mempunyai sosok seorang kakak.

Semua sahabat gw... Fitria Nugrahaeni, Ashfahanirrohimah, R.R. Rachmaningrum, Siska Susanti, Merry Puspamega, Astri Fitriani, dan Farida Ayu Brilyanti.
Tia... 
Trima kasih untuk kebersamaan selama kuliah ini yaaa... Terimakasih karena selalu hadir di saat aku senang atau susah. Devi sayang tiaaaa...
Me and Tia
Neng Ashfa... 
Nuhun pisan nyaaaa, neng geulis... Kegiatan waktu go field bikin kita semakin deket, secaraaaa... kita tidur sekamar... sekasur pulaa.... upsss.. hhahaaahaa... terima kasih untuk kosannya yang selalu gw berantakin, maklum anak bogor, ga punya kosan,,, hahahah.... Oya... Bolu ketan hitam... gw kan udah ngasih cobain kue buatan gw tuh.. ngasih resep pula... Sekarang pengen dunk gw nyobain kue buatan lu... hahahaaa...
Ashfa, Me, and Aum
Aum... 
Makasih yaaa... untuk semua kebaikan aum selama ini sama aku... terima kasih udah ngasih kerjaan sama aku waktu itu... hehehee...

Siska... 
Punya temen anak ilkom itu sangat menguntungkan, hahahhaa... makasih ya siska udah bantuin devi bikin skripsi, dan udah ngasih ilmu kepada temanmu yang gaptek ini.. heuheu... Dan terimakasih sudah mau menjadikan aku sobatmu sejak di SMA sampai sekarang dan seterusnya...

Merry... Arigatoo gozaimashita.... Walaupun lu lagi di Jepang, waktu gw lagi buat skripsi, tapi dengan adanya lu di Jepang, justru itu sangat membantu gw. Secara... download jurnal-jurnal di Jepang gratis... Terima kasih untuk jurnal-jurnal kirimannya yaa... Cepet-cepet lulus dari ITS, dan jadi wanita hebat... Terimakasih untuk persahabatan kita sejak SMA sampai sekarang dan gw harap juga seterusnya.
Me, Siska, and Merry
Aci...
 Soulmate devi di asrama... temen sekamar devi.... Kangen solat berjamaah bareng Aci... (ulah devi wae atuh,ci... nu jadi imam, mun jamaahan teh... heuheu..), kangen berdoa bareng waktu mau berangkat ujian... kangen curhat-curhatan sebelum tidur.. kangen semuanya... Nuhun nyaaaa, ci... buat semuanyaaaaa... Kapan atuh ke rumah lagi?? Kan devi belum masakin sayur kangkung kesukaan aci... hehe,, Terus kapan aci ngajak Devi ke Sukabumi?? Heueheu... 
Aci

Bundo... 
Wanita paling dewasa di IE 45 yang aku temuin... terima kasih untuk masukan-masukan dan sarannya yaaa, bun... Hehe...
Farida Ayu B.

Seluruh teman-teman Ilmu Ekonomi 45 dan juga SESC IPB 2011... Thank you so much untuk semua supportnya selama ini.
Keluarga Besar Ilmu Ekonomi 45

Keluar Besar SESC 2011
Terima kasih untuk semua pihak yang udah bantu gw dan semua yang selalu ada di samping gw selama ini. Kalian adalah anugrah terindah dan hadiah yang luar biasa yang Allah kasih dalam hidup gw. I love you all...

Dan pelajaran yang bisa gw ambil dari sini adalah bahwa semua hal itu selalu ada sisi positif dan negatifnya. Tergantung kita, mau melihat itu sebagi suatu hal yang positif atau suatu hal yang negatif. Contohnya, yaa... dalam proses pengerjaan skripsi gw ini. Mungkin memang sulit, tapi banyak hal yang bisa diambil dan dijadikan pelajaran dan pastinya membuat kita lebih bersyukur sama Tuhan atas apa yang telah diberikan-Nya.
So... Guys... Jangan pernah "menyerah". Gw pun sudah sangat lama untuk tidak mengenal kata itu. Terus berjuang untuk meraih apa yang kamu inginkan. SEMANGAT slalu.
GO!! GO!! GO!! SEMANGAT!!


Kau bisa mengeluh karena mawar mempunyai duri, atau kau bisa bersukacita karena duri mempunyai mawar. -Ziggy-

Comments

Popular posts from this blog

Pura Parahyangan Agung Jagatkartta

Faktor-Faktor yang Menyebabkan Terjadinya Krisis Perbankan di Amerika Serikat

Work Study