Mensyukuri Segalanya...

Bogor, 8 Juli 2011

Akhirnya, buku Chicken Soup, yang gw beli, selesai juga gw baca. Heheeheee... Seri Chicken Soup yang gw baca ini tentang  “Mensyukuri Nikmat’. Banyak hal dan pelajaran yang bisa di ambil dari setiap cerita dan pengalaman yang tertuang di buku tersebut, yang pastinya sangat menginspirasi gw untuk selalu bersyukur pada Tuhan. Di balik kesulitan ataupun cobaan yang kita hadapi selalu ada nikmat dan anugerah yang Tuhan berikan kepada kita, sekecil apapun itu. Namun, terkadang, kita hanya berfokus pada kesulitan dan cobaan yang sedang kita hadapi, sehingga mata dan hati kita tidak cukup terbuka untuk dapat melihat nikmat dan anugerah tersebut.

Saat liburan  menuju ke semester 7 ini, teman-teman gw banyak yang mengisi liburan mereka dengan magang di berbagai perusahaan ataupun mengambil semester pendek agar kuliah mereka setidaknya bisa cepat selesai. Gw??? Liburan ini di rumah terus, sama keluarga kecil gw. Gw bukannya ga mau mengisi liburan gw seperti temen-temen gw yang lain. Sebelum libur, gw sempet mau daftar untuk ikut Semester Pendek (SP). Tapi, untuk ikut SP, butuh surat rekomendasi dari dosen Pembimbing Akademik (PA). Peraturan ini kayaknya baru ada sekarang deh. Soalnya, tahun lalu, gw juga sempet mau ikut SP, dan syaratnya cuma daftar doang, tanpa ada surat rekomendasi segala. Tapi, teteeeeppp waktu itu juga gw jadi ikut SP, karena lebih memilih ikut Go Field. Intinya, liburan ini gw ga jadi ngambil SP lagi, karna waktu itu juga waktunya udah mepet banget, kemungkinannya kecil buat ketemu dosen PA gw dan minta surat rekomendasi, soalnya PA gw sepertinya lagi sibuk di luar kota waktu itu. Dan entah kenapa, gw juga jadi ngerasa ragu dan ga bersemangat buat ikut SP. Padahal, ini semua udah gw rencanain dari setahun yang lalu (suerrrr deh...ga boong...). Tapi lagi-lagi, manusia hanya bisa berencana, Tuhan yang menentukan.

Gw juga udah berusaha buat magang, waktu sadar di liburan kali ini gw bakal nganggur dan ga ada kerjaan. Kebetulan waktu itu, salah seorang temen gw ngasih info ke gw, klo salah satu restoran siap saji di suatu mal menerima tawaran magang bagi mahasiswa. Yaaa... waktu itu Pizza Hut di Botani Square menerima orang-orang yang mau magang. Itu juga gw mikir-mikir dulu (kayaknya hidup gw banyak mikir yaa?? Heheee..) dan nanya sama mamah. Mamah ngizinin sih, dengan harapan waktu gw di terima magang, saat gajian nanti, gw bisa traktir dia (ternyata nyokap ada maunya ngebolehin gw, huft..). Setelah  beberapa hari semenjak temen gw nawarin tawaran tersebut, finally, gw buat juga tuh surat lamaran dan siapin syarat-syarat lainnya dalam waktu kurang lebih dua jam. Hari itu juga gw janjian sama temen gw buat nyerahin surat lamaran tersebut.

Kita janjian berangkat pukul setengah satu siang, dan berharap bisa tiba di Botani pukul satu. Tapi, gw berangkat dari rumah pukul 12 lebih dikit, berharap bisa nyampe sekitar pukul satu kurang. Tapi.... lagi... lagi... dan lagi... manusia hanya bisa berencana. Siang itu, daerah pajajaran macet total dan alhasil gw sampe di Botani pukul satu lewat. Dan saat gw sms temen gw, ternyata dia masih belum berangkat dan lagi nyari tempat untuk ngeprint surat lamarannya. Whattt??? Gw mesti nunggu berapa lama nih??? Bisa mati gaya gw.

Gw nunggu di depan Botani, di deket meja satpam, saat itu ada satpam yang lagi tugas, dan masih relatif muda lah menurut gw.. Sambil nunggu, gw nulis di amplop tersebut kepada siapa surat lamaran tersebut ditujukan. Ternyata, tanpa gw sadar, tuh satpam merhatiin gw selama gw nulis. Terus dia nanya, “mau ngelamar ya mbak??” (aduh, pa satpam perhatian banget deh... mau ga jadi baby sitter saya?? :p). Lalu, gw menjawab sambil nyengir, “iya mas, ngelamar magang” dan meneruskan kalimat tersebut  “abis saya nunggu yang ngelamar saya, ga ada sih” (ups... yang itu ga gw ucapin beneran qo, gw masih waras saat itu, cuma jeritan hati aja... ehem...).

Waktu udah nunjukkin pukul dua, tapi temen gw belum juga nunjukkin batang idungnya. Posisi gw pun udan berubah, yang awalnya deket meja satpam, jadi di sebelah patung singa, dan si pa satpam pun sudah digantikan oleh temannya, yang umurnya sedikit lebih tua. Hmm... Klo dalam waktu 30 menit temen gw ga muncul juga, gw rasa gw bakal berubah jadi singa dan nemenin patung singa disebelah gw ini, huh. Tapi, akhirnya pukul setengah tiga kurang dia udah nyampe di Botani. Akhirnyaa..... Dan kita nyiapin segalanya, ngecek lagi apa semua udah lengkap. Setelah semua di rasa lengkap, kita kasihin deh tuh surat lamaran. Sebenernya yaaa, kita tuh salah ngasihin foto. Foto yang diminta adalah foto terbaru ukuran 4X6. Tapi, temen gw ngasihin foto ukuran 3X4,dan itu foto dia satu tahun yang lalu. Dan gw lebih parah... gw ngasihin foto 3X4 dimana foto itu adalah foto diri gw waktu mau lulus SMA dulu. Abis... gw ga punya foto formal yang lain lagi sih... masa gw kasih foto gw yang ukuran 3R yang lagi senyum 3 jari?? Kan lebih ga mungkin... (gw mau ngelamar magang jadi karyawan, apa ngelamar jadi model iklannya??)

Tapi.. setelah hampir seminggu gw menyerahkan surat lamaran itu, panggilan dari Pizza Hut belum datang juga, begitupun halnya dengan teman seperjuangan gw. Hmm... belum rezeki kali yaaa?? Yasudahlah.... gw tetap menikmati liburan gw kali ini. Sepertinya Tuhan merencanakan bahwa liburan kali ini gw harus benar-benar memberikan semua waktu gw buat keluarga. Karena, kalo waktu kuliah tiba, kayak semester kemaren aja, gw tuh pergi pagi dan sampe rumah malem. Udah gitu, waktu gw buat ke kampus tuh bukan cuma senin sampai jumat, tapi senin sampai minggu. Bingung kan lu?? Yaaa... lu bener. Gw hampir tiap hari ke kampus. Gw bukan aktivis kampus qo, gw cuma mahasiswi kurang kerjaan yang seneng ke kampus cuma sekedar buat hot spotan dan berharap bertemu seseorang. Uhuk..uhuk.... (batuk deh).

Intinya, mungkin menurut orang-orang liburan gw di rumah ini sangat membosankan. Terkadang gw ngerasain hal itu. Tapi, menikmati waktu bersama keluarga merupakan hal yang sangat menyenangkan. Saat gw di rumah, gw bisa bantu orang tua gw ngerjain pekerjaan rumah; bantuin mamah nyapu dan cuci piring atau bantuin bapak betulin motornya. Kadang-kadang gw suka bereksperimen membuat kue atau masakan. Tenang.. hasil karya gw terjamin qo, bisa dimakan  (gw tau apa yang ada di pikiran kalian, kalian pasti meragukan kemampuan gw dalam memasak). Jangan salah deh, gw tuh bisa masak juga loh (wanita sejati... heheheheee). Tiap hari gw nemenin mamah belanja ke pasar (sebenernya gw berharap nyokap beliin sesuatu buat gw, waktu di pasar, hahaahhahaa). Gw juga punya waktu sama ade sepupu gw yang berumur 3 tahun dan satu lagi umurnya 8 bulan. Mereka sering banget ke rumah gw buat minta makan (rakus banget tuh anak..hahahhaa) dan selalu nanyain gw, karna mereka pengen maen bareng gw (bukan maen bareng juga sih, lebih tepatnya mereka mau siksa gw, huft... tapi gw seneng klo ada mereka, walaupun gw pusing setengah mati ngehadapinnya). Selain itu, waktu istirahat dan santai gw lebih buanyaaaakkkk. Gw bisa tidur siang, bisa maskeran, bisa luluran, bisa nonton TV lebih lama, bisa baca novel dengan santai, bisa main games seharian, bisa punya waktu buat nulis juga. Nah, ternyata banyak banget kan hal positif yang gw dapet, klo kita mau lebih membuka mata dan hati kita untuk melihat hal-hal itu. Sekarang giliran kalian untuk sejenak memikirkan hal-hal positif apa yang udah kalian dapatkan dibalik kesulitan yang kalian rasakan. Hmm.... bersyukur atas hal-hal yang telah kita peroleh akan memberikan kedamaian di dalam hati kawan...

(Deviyantini, 2011)

Comments

Popular posts from this blog

Pura Parahyangan Agung Jagatkartta

Faktor-Faktor yang Menyebabkan Terjadinya Krisis Perbankan di Amerika Serikat

Work Study